Jumat, 19 Agustus 2016

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan - Selamat datang di blog nurul iman, disini merupakan gudangnya informasi yang lengkap dalam hal kesehatan dan juga pengobatan penyakit baik itu penyakit kronis ataupun juga penyakit non kronis seperti penyakit jantung, kanker, stroke, dan penyakit lainnya.

Sepertinya sudah lama ya blog nurul iman ini tidak mengupdate artikel lagi, ada sahabat blog nurul iman yang menanyakan kepada saya namanya kang maman pemiliki blog saung maman, sahabat maman berkata " kang belum di update artikelnya ? biar ada penyegaran hehe " itulah kira kira yang kang maman sampaikan ke saya.

Sontak dong dengan adanya dukungan dari kang maman itu saya langsung mikir dan jadikan komenan kang maman itu jadi motivasi buat saya untuk membuat artikel manfaat gerakan sholat bagi kesehatan yang semoga artikel ini bisa sangat bermanfaat buat anda yang suka sholat maupun yang sholatnya masih bolong, semoga dengan adanya artikel ini bisa membangkitkan semangat untuk melakukan salah satu kewajiban kita sebagai orang yang menganut agama islam.

Sebelum menginjak ke bahasan inti, apa sahabat blog nurul iman sudah pada tahu apa itu sholat ?

Sholat menurut bahasa bermakna do'a, sedangkan menurut istilah, sholat merupakan suatu ibadah wajib yang terdiri dari ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan rukun dan persyaratan tertentu.

Kalau menurut hakekatnya sholat adalah menghadapkan jiwa kepada allah swt, yang bisa melahirkan rasa takut kepada allah swt dan bisa membangkitkan kesadaran yang dalam pada setiap jiwa terhadap kebesaran dan kekuasaan allah swt.

Baiklah dari pada terlalu lama berbasa basi ini itulah langsung saja ke pokok pembahasan yakni manfaat gerakan sholat bagi kesehatan.

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa sholat merupakan tiangnya agama untuk itu apabila kita masih bolong dalam sholatnya berarti tiang yang kita miliki masih belum kuat dan masih mudah roboh dan maka sudah tidak heran bukan di indonesia sudah banyak kasus yang melanggar ketentuan islam, ada yang memperk*s* sesama jenis, membunuh ibunya sendiri, mengaku sebagai nabi, menganut agama buatan manusia dan lain sebagainya.

Nah untuk para sahabat yang sholatnya masih bolong berikut saya akan coba menyebutkan manfaat sholat yang sangat laur biasa untuk kesehatan agar sahabat blog nurul iman ini pada semangat lagi untuk mengerjakan sholat 5 waktu yang wajib sekali dikerjakan karena bisa meningkatkan keimanan kita dan menjauhkan dari berbuat kejahatan.

  • TAKBIRATUL IHRAM
Gerakan takbiratul ihram sendiri : mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu melipatkannya diperut. Manfaat dari gerakan takbiratul ihram ini untuk kesehatan menguntungkan juga untuk orang yang menderita penyakit jantung, getah bening, aliran darah menyumbat, dan otot tangannya yang lemah.

Manfaat gerakan ini yang pertama adalah bisa menyehatkan jantung, melancarkan aliran darah, menguatkan otot tangan, membantu mengobati penyakit getah bening, dan juga melancarkan oksigen gangguan oksigen biasanya dialami oleh orang yang mengalami penyakit sesak napas atau asma.

  • RUKUK
http://kangnuruliman07.blogspot.co.id/
Gerakan rukuk : Menunduk dan tangan disimpan di antara kaki ataupun juga bisa dilutut. Apabila posisi punggung lurus maka akan banyak sekali manfaat yang akan didapat terutama untuk kesehatan.

Apabila anda melakukan gerakan rukuk yang benar maka tulang belakang atau punggung anda akan enak dan membuat tulang belakang anda tetap lurus walaupun sudah tua, dan juga rukuk bisa menyehatkan jantung juga, tangan yang bertumpu di lutut berfungsi sebagai relaksasi bagi otot otot bahu hingga kebawah. Selain itu juga rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah terjadinya gangguan prostat.

  • I'TIDAL
http://kangnuruliman07.blogspot.co.id/
Gerakan itidal : bangun dari rukuk yang kemudian berdiri tegak lagi sambil tangan diangkat sejajar di samping telinga. Manfaat dari gerakan dari membungkuk sendiri bisa melancarkan pencernaan anda, paslanya organ yang ada di dalam perut akan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian.

  • SUJUD
http://kangnuruliman07.blogspot.co.id/
Gerakan sujud : menungging dengan meletakan kedua tangan, lutut, kemudian ujung kaki, serta dahi pada lantai ataupun juga sajadah. Ternyata gerakan sujud ini memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Yang mana aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Sementara posisi jantung diatas otak mampu membuat darah bisa mengalir ke otak secara maksimal. Dengan begitu aliran darah tersebut berpengaruh baik pada pikiran seseorang.

  • DUDUK DIANTARA TAHIYAT AWAL DAN AHKIR
http://kangnuruliman07.blogspot.co.id/
Dalam sholat terdapat dua jenis duduk, yaitu duduk diantara tahiyat awal dan akhir, dengan peletakan posisi telapak kaki yang berbeda. Manfaat dari gerakan duduk ini adalah menghindari nyeri pada pangkal paha yang biasanya membuat kaki menjadi linu. Duduk pada tahiyat akhir mampu menekan kaki lebih sehat dan terhindar dari rasa nyeri tersebut.

  • SALAM
http://kangnuruliman07.blogspot.co.id/
Gerakan salam merupakan gerakan terakhir diwaktu sholat. Dimana, salam ini adalah gerakan memutar kepala ke arah kanan dan kiri secara maksimal. Manfaat luar biasanya adalah mampu merelaksasi otot di sekitar leher, serta lebih menyempurnakan aliran darah di bagian kepala. Selain itu juga gerakan ini mampu mencegah terjadinya sakit kepala, dan mampu menjaga kekencangan kulit wajah. Tidak disangka bahwa melaksanakan sholat juga bisa membantu merawat kesehatan kulit wajah.

Diatas merupakan khasiat dan manfaat yang luar biasa dari gerakan sholat dari mulai takbiratul ihram sampai salam memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, untuk itu dengan adanya artikel ini semoga bisa membuat anda yang masih bolong mengerjakan sholat mari kita laksanakan kewajiban kita mengerjakan sholat 5 waktu.

Post By : Blog Nurul Iman

52 komentar

Kita beruntung berada di agama islam karena ibadah pun membuat kita sehat :) maka dari itu sholatlah sebelum di sholatkan :)

Selain memang hukumnya wajib bagi umat muslim, gerakan-gerakan dalam sholat memang bisa dikategorikan olah raga bagi tubuh kita, misalnya rukuk, sujud, dan gerakan yg lainnya, bila kita kalikan 5 waktu sholat dan jumlah rekaatnya, udah berapa puluh gerakan tuh yg kita lakukan dalam satu hari.

Betul kang untuk itu kita harus bangga menjadi orang yang menganut agama islam dan terutama kita harus lebih rajin lagi dalam melaksanakan kewajiban kita untuk melaksakanan sholat lima waktu karena sholat lima waktu merupakan salah satu ibadah yang wajib dikerjakan dan juga selain itu sholat lima waktu juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Iya betul sekali kang sholat juga bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga yang tidak mengeluarkan energi lebih dan selain untuk duniawi sholat juga sebagai bekal kita diakhirat nanti.

Iya nih bener, kata engkong gue kalo pengen sehat banyak solat. Terutama solat 1/3 malam yang akhir. Badan jadi seger katanya. Gw kadang suka malu sama engkong gw yang udah tua tapi solatnya tertib. Lah gw, solat kayak senen-kemis-__-'

Ahi hi hi untuk itu mulai dari sekarang harus rajin kang melaksanakan sholat 5 waktu agar badan tetap sehat dan amal perbuatan juga meningkat.

Olahraga sehat, dapat pahala pula. Lahir bathin sehat juga^^

Iya betul sekali untuk itu mari kita melaksanakan sholat lima waktu mbak supaya sehat jasmani dan rohaninya.

sip kang bener banget :) semoga kita semua di beri kesehatan lahir batin oleh allah swt :)

Ternyata gerakan2 sholat itu sehat bgt ya kang, berguna banget nih artikelnya buat saya yang mualaf.. Makasih yaaa..

Segala sesuatu yang diciptakan dan diperintahkan Allah pasti bermanfaat, itu sebabnya kita harus melihat shalat sebagai kebutuhan bukan kewajiban karena penting untuk kesehatan juga

sama sama kang man ya kang :D eh ini gabisa pake URL komennya jadi gabisa banyak haha
allow anonim dong kang

Dapat pahala dan dapat kesehatan juga ya. Dan alhamdulillah aku berusaha untuk tidak menginggalkan sholat wajib.

Semoga sesudah membaca artikelnya jadi rajin sholat, selain yang fardhu yang sunat juga :D

Subhanalloh.. Mantap nih kang nurul artikelnya... Orang yang melakukan sholat paling tidak yang wajib yang lima waktu, itu artinya ia sudah bisa dibilang menjaga kesehatan... :D

Wah baru nih.

Sebagai seorang muslim tentunya wajib sholat.
Banyak sekali manfaat dari gerakan sholat ya mas. Saya malah baru tahu. Terima kasih infonya mas

betul banget Mas.. pergerakan sholat ada kegitan olahraga didalamnya....baik bagi tubuh manusia...
namun sayang nya belum bnyak yang tahu babbunuzulnya atau sejak kapan adanya sholat...kebanyakan orang jawabnya sejak adanya peristiwa Isra' Mi'rot...

membahas tentang sholat suka banget deh...apalagi yang diajak berdiskusi bisa nyambung....

ngomongin soal sholat ....sudah ada sebelum dunia ini tercipta.....lho...

Pernah baca2 juga tentang manfaat sholat... Selain kewajiban, menenangkan, sholat juga menyehatkan hehe

Iya ya Kang, trus dipadu dengan khusu,
tambah afdol. Dapat sehat dapat pahala.

gerakan sholat kalau bener-bener dilakukannya bakalan bermanfaat banget deh (y) makasih udah ngasih rinciannya kang

Subhanallah alhamdulillah mbak kalau bisa berguna mah semoga berkah ya mbak ilmunya dan juga semoga bermanfaat tentunya, iya mbak sama sama semoga bisa bermanfaat.

Iya betul mbak setiap sesuatu yang dianjurkan oleh allah itu selalu memiliki manfaat dan yang dilarang pun memiliki efek yang kurang baik untuk kita untuk itu kita harus mentaati perintah dari allah dan menjauhkan semua larangannya.

Takut ada yang spam mbak
Ahi hi hi gak apa apa kok mbak.

Alhamdulillah kang kalau begitu mah ayo kang semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kang djangkaru lebih semangat lagi dalam menjalankan kewajiban yang satu ini.

Amin mbak semoga saja mbak nuy setelah membaca artikel ini bisa jadi rajin sholatnya amin.

Betul sekali kang orang yang senantiasa mengerjakan sholat lima waktu maka secara otomatis dia sudah menjaga kesehatannya tapi alangkah baiknya untuk tetap menjalankan pola hidup sehat agar makin sehat.

Alhamdulillah kalau sudah tau mah mas, iya mas sama sama semoga bisa bermanfaat ya untuk mas pangky.

Iya betul tuh mas sholat itu memang salah satu kewajiban yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan karena sholat itu merupakan salah satu kewajiban yang diperintahkan oleh allah dan tidak boleh dilanggar mas.

Apakah benar itu mas, ahi hi hi

Gak mas sudah lama namun baru update sekarang kan ada dua blognya.

Betul kang sholat juga selain kewajiban yang harus dijalankan ternyata sholat memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Hehehe iya sangat tepat sekali mbak sholat yang khusu dan gerakan yang benar akan semakin memantapkan pahala dan juga manfaat secara duniawinya.

Iya mbak apalagi kalau gerakan sholatnya benar dan khusu pasti muantappp deh mbak, iya sama sama mbak semoga bisa bermanfaat ya.

Dengan rajin sholat, selain ibadah, membersihkan hati dan pikiran, juga sehat ya kang. Beruntungnya saya menjadi seorang muslimah. Alhamdulillah

Iya betul mbak dengan rajin melakukan sholat lima waktu maka kita senantiasa selalu menjaga kesehatan dan juga mencegah dari penyakit yang akan menyerang kita, iya mbak alhamdulillah ya.

Selain itu, gratis, tp walau gratis kadang banyak ditinggalkan.

Nah itu dia kang, kalau jalan ke neraka mah walaupun mahal tetap saja dilakukan tapi kalau jalan menuju surga yang gratis tidak dilakukan.

Alhamdullilah kang, insyallah sehat kalau di lakukan dengan benar dan ikhlas apalagi rajin sholatnya yang sunah juga di kerjakan, pasti sehat...

Iya kang betul sekali sholat 5 waktu dan dibarengi dengan sholat sunah makin muantappp pastinya kang.

Iya mas. Itu sudah pasti. Hehe

bener banget Kang, sholat 5 waktu manfaatnya banyak sekali terutama bagi kesehatan. Kalau kita melaksanakannya dengan ikhlas dan khusyu'...insyaAllah kita akan sehat, baik rohani dan jasmani....terimakasih sharing ceritanya yang inspiratif

Iya mbak sama sama semoga bisa membantu dan bermanfaat.

udah ibadah tambah menyehatkan lagi...

udah ibadah tambah menyehatkan lagi...

Iya kang ayo kita jalankan ibadah sholat lima waktu.

Semua ibadah adalah untuk kebaikan manusia kang


EmoticonEmoticon